Senin - Jumat : 08.00 - 23.00
Sabtu : 09.00 - 20.00
Minggu : 10.00 - 21.00

Apa itu booklet, manfaatnya serta gimana cara membuatnya?

Apa itu booklet
Share:

 

Apa itu booklet? Berdasarkan KBBI, Pengertian booklet atau buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran.

Contohnya buklet tentang cara memasak. Tetapi karena penggunaan tidak umum maka saat ini buklet lebih berfungsi sebagai media informasi untuk mewakili sebuah perusahaan dalam menyampaikan dan merinci produk.

Jadi pengertian booklet adalah sebuah media cetak atau buku (kecil tipis) yang menampilkan jasa, layanan dan produk sebuah perusahaan.

Selain itu, banyak pula perusahaan yang mencetak buklet sebagai media untuk mempromosikan perusahaan tersebut.

Contoh booklet bisa anda temukan ketika membeli sebuah produk elektronik, sebuah buku kecil tentang jenis-jenis produk dari perusahaan bersangkutan.

 

Apa fungsi dari booklet?

Fungsi buklet yang utama adalah sebagai media promosi, yang kedua adalah sebagai media informasi.

1. Promosi.

Sebagai media promosi, berfungsi untuk menampilkan, mendorong, mengenalkan, memamerkan dan mempublikasikan sebuah produk baik barang atau jasa suatu perusahaan kepada khalayak. Dalam arti kata penggunaannya sebagai iklan offline.

 

2. Informasi.

Menginformasikan sebuah produk suatu perusahaan, umumnya berisikan nama produk, jenis, detail, dan juga harga serta detail lainnya yang perlu publik ketahui.

Buklet memang tipis, ukurannya juga lebih kecil dari buku biasa.

Karena tujuan untuk sebuah efisiensi penyampaian informasi dan promosi kepada pelanggan. Dengan ukuran yang kecil, format penyampaian berupa tulisan dan gambar bisa lebih ringkas sehingga dalam ‘sekali duduk’ pembaca bisa menuntaskan membacanya.

Manfaat booklet

Banyak sekali manfaat yang Anda peroleh. Dengan mencetak buklet untuk sebuah perusahaan atau entitas bisnis. Melihat dua fungsi utamanya sebagai media promosi dan media informasi, maka manfaat buklet adalah:

 

  • Menampilkan profesional perusahaan.

Ketimbang selebaran biasa, jika Anda mendesain dengan baik maka ekslusifitas-nya lebih menonjol. Beberapa perusahaan bahkan menggunakan desain gambar-gambar yang menarik untuk mendapatkan kesan positif dari pelanggan.

Dengan tampilan demikian, maka sebuah perusahaan sedang membangun profilnya di tengah masyarakat sebagai sebuah perusahaan yang bagus.

 

  •  Membentuk keyakinan publik.

Meskipun bukan sebuah buku, buklet tetap memiliki nilai tersendiri. Seperti poin nomor satu yaitu menunjukkan profesionalitas sebuah perusahaan.

Maka dengan ini, orang akan lebih yakin terhadap produk yang tengah Anda promosikan.

 

  • Menghemat biaya promosi.

Ketimbang membayar media cetak atau televisi untuk promosi produk, lebih baik memilih buklet karena biaya cetaknya murah.

pengertian booklet

Dengan biaya murah justru target pasarnya lebih baik ketimbang melempar iklan lewat media massa.

Misalkan anda hendak mempromosikan sebuah produk makanan, maka target anda adalah orang-orang yang datang ke gerai atau orang-orang yang tinggal dekat perusahaan sehingga jangkauan promosi dan informasi tersebut tepat sasaran.

 

Baca juga : 3 Alasan memilih percetakan buku untuk mencetak buku anda

 

Tujuan pembuatan buklet

 

  • Tujuan pemasaran.

Booklet jenis ini digunakan lembaga atau entitas bisnis untuk mengumumkan sekaligus menyampaikan informasi mengenai produk baru baik yang sudah launcing maupun yang akan launching, layanan baru, serta item-item obral (barang).

Mengggunakan booklet untuk pemasaran dan promosi ideal untuk jenis informasi yang meliputi lebih dari satu item promosi.

Bila satu informasi promosi bisa menggunakan brosur, maka buklet bisa memuat informasi lebih banyak. Biaya cetakpun juga relatif murah, jadi rasanya tidak akan menjadi beban keuangan, apalagi bila kita bandingkan dengan manfaat yang anda dapat.

Anda bisa mencetaknya lalu membagikan kepada pelanggan serta calon pelanggan Anda.

Perusahaan barang dan jasa banyak menyelipkan booklet ke dalam paket pengiriman barang kliennya dengan tujuan memberitahu klien informasi terbaru atau promosi yang sedang berlangsung. cara ini murah bahkan gratis karena anda bisa menyebarnya ke berbagai penjuru tanpa perlu ongkos.

 

  • Tujuan selebaran Acara.

Booklet juga digunakan sebagai selebaran untuk acara-acara. Panitia pengadaan lokakarya misalnya menggunakan booklet untuk menyampaikan informasi terkait acara apa saja yang berlangsung.

Hal yang sama berlaku pula untuk festival, perkemahan atau penggalangan dana. Selain itu, booklet acara juga sering dibagikan pada sebuah kegiatan yang memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan lain yang terkait.

Tujuannya, tidak sekadar mengiklankan melainkan menjelaskan pula tujuan dan makna acara-acara tersebut.

 

Related post :

 

Apa saja yang yang dapat dimuat dalam booklet?

Buklet bentuknya seperti buku kecil dengaan jumlah maksimal 80 halaman (40 lembar kertas).

Karena format minimalisnya ini, maka struktur buklet tidak selengkap buku. Terdapat dua bagian penting buklet yaitu sampul dan isi.

Sampul.

Sampul booklet harus benar-benar menarik. Karena ini merupakan media informasi dan media promosi maka tampilan depannya harus membuat orang mau memandangnya.

Jika tampilannya menarik perhatian maka booklet pelanggan dengan senang hati mau membacanya.

Isi

Bedakan isi booklet dengan buku. Informasi yang tertulis dalam booklet harus berbeda dengan cara menulis buku. Penggunaan bahasa-pun berupa bahasa konten.

Meskipun Informatif tetapi tidak menjenuhkan, sebaliknya harus membangkitkan minat pembaca.

Usahakan pembaca mudah menerima informasi yang ada, jika perlu sertakan gambar terkait. Gambar harus menarik perhatian dan mengarahkan pembaca kepada tujuan dari informasi dan promosi.

 
Cara Mencetak Booklet

Mencetak buklet ke percetakan lebih baik, plus anda juga akan mendapatkan hasil maksimal, tapi bukan berarti anda tidak bisa mencetak sendiri buklet anda.

Gunakan software Ms Word, dan anda tinggal memprintnya.

Caranya: setelah file selesai anda buat, anda mencetaknya menggunakan printer pada dua sisi atau print on both sides.

Dalam hal ini Anda perlu mengubah menu properties printer yang sebelumnya print one sided.

Ada dua sesi printing di sini, yang mana setelah kertas selesai Anda print, maka anda harus membalikan semua hasil cetakan dan memasukkan lagi ke printer untuk cetakan kedua. Tujuannya agar naskah tercetak bolak-balik.

Hasil mencetak buklet menggunakan printer sendiri memang mudah.

Tetapi untuk tujuan profesional dengan jenis kertas tertentu serta kualitas gambar yang bagus, maka pergilah ke percetakan.

Di sana anda hanya menyerahkan file buklet yang telah anda setting formatnya lalu memilih jenis kertas yang sesuai. Biarkan pihak percetakan mengerjakan pekerjaan anda.

Agar hasil buklet anda bagus, yang perlu anda temukan percetakan professional. Jadi silahkan datangi percetakan buku terdekat dari lokasi anda.

 

Khusus untuk anda yang tinggal dekat Jakarta Pusat Anda bisa langsung berkunjung ke tempat cetak buku ini.

Kelemahan booklet sebagai media informasi dan promosi

Menggunakan booklet memiliki kelemahannya tersendiri. Dari semua jenis booklet, kelemahan yang menyangkut penggunaannya adalah:

  1. Jangkauan penyebaran informasi melalui booklet terbatas. Penyebabnya karena penyampaian informasi secara fisik melalui orang per orang atau dari tangan ke tangan.
  2. Membutuhkan waktu yang relatif lama agar informasi tentang produk merebak ke wilayah yang lebih luas. Bahkan dalam sebuah cakupan wilayah, booklet tidak berhasil menjangkau semua orang di dalamnya.
  3. Karena penyampaian informasi yang tidak langsung, maka respon dari publik atau target pasar juga tidak berlangsung cepat/langsung.
  4. Membutuhkan jasa manusia dalam penyebarannya. Hal ini sedikit terlihat kurang efektif.

 

Begitu kira-kira ulasan singkat mengenai booklet atau buklet yang perlu anda tahu.

 

Next Artikel : Bagaimana cara mencetak buku di percetakan

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]
subur print

subur print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?