Senin - Jumat : 08.00 - 23.00
Sabtu : 09.00 - 20.00
Minggu : 10.00 - 21.00

Fotokopi atau Fotocopy – Mana Penulisan yang benar?

fotokopi atau fotocopy
Share:

 

Fotokopi atau Fotocopy – kedua kalimat ini terdengar sama. Namun bila kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan yang benar adalah fotokopi. Bukan fotocopy.

Asal katanya adalah Photocopy dari bahasa Inggris, lalu terserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Fotokopi yang memiliki arti sebagai hasil reproduksi (penggandaan) fotografis terhadap barang cetakan (tulisan).

 

Memfotokopi artinya membuat reproduksi dengan mesin fotokopi

Jadi bila selama ini anda salah menuliskan kata fotokopi dengan fotocopy, atau bingung mana yang baku antara Fotokopi atau fotocopy maka hari ini anda telah mengetahuinya.

 

Asal Mula Fotokopi

Dari beberapa literasi muncul-lah seorang fisikiawan Amerika bernama Chester Carlson-lah yang pertama kali menemukan mesin fotokopi pada 1938-1939.

Ceritanya bermula saat dia bertugas untuk menggandakan dokumen yang mana pada waktu itu dilakukan dengan cara menulis ulang sebanyak yang dibutuhkan.

Untuk memudahkan penggandaan manual tersebut, Carlson mulai melakukan banyak percobaan yang kemudian mempertemukannya dengan sebuah konsep elektrofotografi.

Konsep ini menghilangkan aspek cairan tinta untuk membuat sebuah tulisan. Sebagai gantinya, Carlson mendapati ternyata bubuk karbon atau jelaga bisa digunakan untuk memindahkan tulisan dari satu media ke media lain melalui pencahayaan atau penyinaran.

 

Percobaan selanjutnya akhirnya melahirkan sebuah nama yang sampai hari ini kita kenal dengan Xerox.

Berasal dari Xerography yakni sebuah konsep pengembangan teknik elektrofotografi tanpa melibatkan cairan kimia. Penamaan Xerography berasal dari kata Yunani Xeros yang berarti kering dan Graphos yang artinya menulis.

Carlson mematenkan penemuannya tahun 1942, lalu untuk mengembangkan sekaligus memproduksi mesin fotokopinya – dia menggandeng perusahaan kertas foto bernama Haloid Company.

Mesin fotokopi yang kemudian sukses besar dan menjadi titik pijak perkembangan mesin fotokopi hingga sekarang yang kita kenal dengan nama Xerox.

 

Dari Xerox Hingga Fotokopi atau Fotocopy

Meskipun sulit pada awalnya, Xerox kemudian menemukan popularitasnya, sehingga tahun 1975 sebuah perusahaan bernama Ricoh mengembangkan mesin fotokopinya sendiri yang bernama RiCopy (DT 1200) .

 

Xerox-pun mulai mendapat persaingan

Pasar Xerox adalah kantor dan instansi-instansi yang memang membutuhkan dokumen dan pengarsipan, dan pada saat itu telah mencapai level globalnya.

Selanjutnya produsen-produsen merek Toshiba, Panasonic, Canon, Sharp dan Konica mengibarkan persaingan dengan xerox dalam industri ini dengan mengambil strategi produksi terhadap kantor-kantor kecil.

Para produsen ini menyasar pasar-pasar lokal yang tidak dimasuki xerox sehingga cukup sukses melawan hegemoni Xerox.

 

Satu Yang Paling Berhasil Tentu Saja Canon.

Dengan taktik tersebut, Canon berhasil menggeser Xerox sebagai produsen fotokopi ternama dunia, dan tahun 1985 membuktikan hal tersebut dengan menciptakan mesin fotokopi berwarna untuk pertama kali.

Sejak saat itu Xerox tidak lagi dengan mesin fotokopi, meskipun masih menjadi satu dari beberapa perusahaan yang berpengaruh.

Kata Xeroxing tidak lagi dipakai – namun telah berubah dari copying sebagai kegiatan mengkopi, dan penyebutan Xerox sebagai mesin fotokopi pun berganti sepenuhnya dengan photocopy machine.

Beralih ke masa sekarang, mesin canon merajai pasar mesin fotocopy. Terbukti dengan banyaknya kios fotocopy menggunakan brand ini dengan menjual jasa fotocopy murah.

 

Xerox juga memproduksi mesin Fotocopy Warna

Mesin xerox terbilang bagus, namun karena banyaknya mesin bekas membanjiri negara kita dan pedagangnya adalah perorangan, maka jadilah xerox menjadi mimpi buruk buat sebagian penggunanya.

Mesin bekas xerox ini kita kenal dengan sebutan (xerli – xerox liar), berikut ulasan mengenai : mesin fotocopy warna xerox liar – xerli.

 

Canon Dan Fotokopi Warna

Meskipun Canon mengklaim sebagai pencipta mesin fotokopi pertama setelah Carlson menciptakan mesin fotokopi hitam putih, perusahaan 3M lah yang pertama kali mencoba melakukannya tahun 1968.

Saat itu 3M merilis Color-in-Color dengan memakai pewarna bubuk karbon untuk memberi warna terhadap pencetakan. Baru setelahnya Canon tahun 1985 menemukan tinta kering dengan empat warna dasar yakni hitam, merah, kuning dan cyan untuk menghasilkan warna realistisnya.

 

Fotokopi Multifungsi

Teknologi digital mulai merebak pesat sejak awal tahun 1990 dan pada saat yang sama mesin fotokopi juga mengadopsi teknologi tersebut. Dari sini mesin fotokopi kemudian terhubung dengan komputer sehingga selanjutnya muncul fitur-fitur tambahan seperti scanner, printer, dan fax dalam sistemnya.

Tak ayal dengan fitur tambahan ini, mesin fotocopy bukan hanya sekedar sebagai mesin pengganda dokumen – yang penggunaannya umum kita temukan di tempat fotocopy yang menjual jasa fotocopy.

Dengan fitur tersebut jasa scan dokumen pun memanfaatkannya sebagai mesin scan, dan seolah gak mau ketinggalan, beberapa tempat print pun menggunakannya untuk print.

 

Related post :

Cara Usaha Fotocopy Yang Sukses
11 Perlengkapan Fotocopy Yang Wajib Anda Miliki

 

Jenis Mesin Fotokopi atau Fotocopy

Mesin fotokopi telah berkembang melalui banyak inovasi teknologi, dari yang awalnya hanya menghasilkan warna hitam putih, sekarang telah menjadi mesin fotokopi warna, dari yang sebelumnya hanya menggandakan dokumen berupa tulisan menjadi mampu menggandakan grafik dan gambar.

Dan luar biasanya dengan fotocopy warna sangat membantu masyarakat untuk menggandakan dokumen berwarna dengan cepat.

 

Jenis Mesin Fotokopi Dilihat Dari Ukuran

 

1. Mesin Fotokopi Mini

Mesin fotokopi ini berukuran kecil, dengan ukuran mini, memindahkannya lebih mudah bahkan bisa pula dijinjing. Anda mungkin menyebutnya dengan nama mesin fotokopi portabel.

Karena ukuran mini, mesin fotokopi ini hanya bisa memprint kertas berukuran A4 sementara kecepatan mengkopinya adalah 5-10 lembar/menit.

 

2. Mesin Fotokopi Sedang

Ukuran mesin fotokopi ini lebih besar dari fotokopi mini dengan berat mencapai 70 kg. Pada mesin ini anda bisa mengkopi menggunakan kertas berukuran A3 (lebih besar dari A4).

Kecepatan pengkopian juga lebih baik yakni sekitar 15-25 lembar/menit.

 

3. Mesin Fotokopi Besar Maksimal A3

Berat jenis mesin fotokopi besar sudah pasti lebih berat lagi, sementara kecepatan pengkopian mencapai 50 hingga 90 lembar/menit – tergantung pada spesifikasi mesinnya.

Hal ini terjadi karena ukurannya yang besar dan memungkinkan untuk menyematkan lebih banyak fitur dalam sistemnya.

 

4. Mesin Fotokopi Ukuran Besar (Large Format)

Anda mungkin akan mengenalnya dengan istilah plotter. Mesin fotocopy ukuran besar ini bisa mengkopi hingga ukuran maksimal bahkan bisa sampai panjang dua meter atau lebih dan lebar 90 centi.

Fungsi utamanya sama dengan mesin kecil, sama-sama untuk fotocopi atau fotocopy berkas. Namun yang membedakan tentu saja kemampuannya ketika mengoutput ukuran dokumen.

Jika mesin fotocopy biasa maksimal hingga a3, maka mesin plotter mampu mengcopy semua ukuran.
Mulai fotocopy A2, fotocopy ukuran A1, hingga fotocopy A0.

 

Jenis Mesin Fotokopi Dari Proses Pengkopian

1) Mesin fotokopi manual

Jenis ini adalah mesin fotokopi yang hanya bisa melakukan tugas pengkopian. Tidak terdapat fitur lain lagi selain fungsi utamanya tersebut.

 

2) Mesin Fotokopi Digital

Mesin fotokopi digital disebut sebagai mesin fotokopi modern. Selain melakukan fungsi pengkopian, mesin fotokopi ini memiliki beberapa fitur seperti fax, print, e-mail, dan scanner.

Dengan demikian, mesin fotokopi atau fotocopy yang kita kenal sekarang sudah melalui banyak perkembangan dan pemutahiran dari masa ke masa.

Fotokopi atau fotocopy masih akan terus hidup dan berkembang seiring kebutuhan manusia belum berhenti terhadapnya.

Terakhir, jika anda merasa mendapat manfaat dari artikel ini, tentu hal yang sama berlaku untuk orang lain. Mari sebarkan artikel ini via facebook, twitter dan Instagram anda.

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]
subur print

subur print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?