5 Jenis Mesin Cetak Stiker Paling Bagus untuk Print Stiker

Share:

Jika selama ini Anda mengira semua mesin cetak stiker mestilah berukuran besar, plus bentuknya tidak seperti printer biasa – itu memang benar, tapi tidak selalu demikian.

Kenapa? Karena pada dasarnya semua printer bisa mencetak stiker – bahkan sekelas printer rumahan-pun mampu melakukan tugas tersebut.

“Ah, yang benar anda mas” ?

Iya beneran…

Namun anda jangan berharap banyak. Karena selain lemot, menggunakan printer rumahan untuk mencetak stiker – hasilnya tidak sepadan dengan waktu dan tenaga yang anda keluarkan. Kedengarannya mengada-ada, tapi memang begitulah faktanya.

Tapi sebaiknya anda jangan berkecil hati dulu, sebab selalu ada seribu satu cara untuk memaksimalkan printer rumahan, yaitu : ganti tinta printer anda dengan tinta art paper. Selesai.

Lalu, bagaimana cara mengganti tintanya?

Untuk sementara silahkan cari tutorialnya di youtube ya, soalnya pada postingan ini kami akan berbagi informasi seputar :

 

Mesin Cetak Stiker – Khusus Produksi

Sebenarnya postingan ini khusus kami tujukan buat pelaku usaha percetakan yang ingin membeli mesin baru. Namun bila anda seorang konsumen, artikel ini juga cocok untuk menambah wawasan, supaya ketika nanti mencetak stiker, anda tau dengan mesin apa stiker anda dikerjakan.

 

Jadi, teruslah membaca.

Tapi sebelum ke pokok pembahasan, kami merasa perlu kita sepakat tentang satu hal, bahwa untuk mendapatkan stiker yang berkualitas, wajib menggunakan mesin cetak stiker yang mumpuni.

Dan ketika kami bicara mumpuni itu berarti – bukan hanya soal kesanggupan mesin mencetak stiker, namun lebih pada kemampuannya mencetak berbagai jenis bahan, warnanya tajam, padat dan hasilnya awet.

 

Alasan Kenapa Anda Harus Tahu Mesin ini?

Jadilah proaktif. Sebab tidak semua mesin print sesuai yang anda harapkan, karena tidak sedikit fakta yang membuktikan, diluar sana ada banyak sekali pengguna yang kecewa dengan mesin cetak stiker. Baik dari segi performa, maupun hasil cetaknya.

Sekarang mari kita lihat dulu hal apa yang bisa dilakukan printer rumahan untuk mencetak stiker.

 

Printer Rumahan

Secara umum – Printer rumahan berupa printer inkjet (printer portabel), walau printer ini mampu print stiker, namun hanya sebatas stiker HVS.

“Kalau untuk stiker vinyl gimana?”

Seperti yang telah jelaskan, jika tintanya masih (dye base) pasti gak bakal bisa. Pun jika sudah diganti ke tinta art paper, speednya juga kayak keong. Sebenarnya kalau untuk quantity kecil sih oke, tapi bagaimana kalau sudah ratusan lembar?

 

Itulah gunanya semua mesin produksi berikut ini :

 

5 Jenis Mesin Cetak Stiker

 

Kelima jenis mesin print stiker yang akan anda ketahui sebentar lagi ini, terdiri dari 2 kategori yakni : 3 unit mesin cetak stiker ukuran A3+ dengan basic toner, plus 2 mesin large format printing dengan tinta solvent dan ecosolvent.

“Tapi bukannya mesin A3 plus typenya banyak” ?

Benar, tapi mustahil rasanya, jika dalam satu postingan harus mengulas puluhan mesin sekaligus. Jadi oleh sebab itu, biarkan kami berbagi sesuai mesin yang telah kami coba.

Apakah sudah bisa kita mulai?

Jika sudah, mari bahas satu persatu, mulai dari type yang terendah dulu, yaitu :

 

1. Xerox Color 3370 – 4470 – 5570

Untuk kelas medium, mesin multifungsi lansiran xerox ini boleh dibilang mesin sejuta umat, karena saat ini rata-rata tempat fotocopy sudah banyak yang menggunakannya.

Seperti apa kemampuan mesin ini?

Yang jelas mesin medium mampu mencetak stiker, selain itu juga bisa untuk fotocopy warna sekaligus scan dokumen.

Tapi sedikit disclaimer : untuk kategori mesin under 100 juta warnanya oke, namun dengan catatan bila mesinnya terawat.

Untuk lebih detail tentang mesin xerox silahkan, baca postingan kami sebelumnya : mesin fotocopy warna xerox liar : hati-hati membelinya.

 

2. Xerox Docu 700 Press

Dua tingkat dari xerox 3370, mesin xerox 700 press sangat mumpuni untuk mencetak stiker baik stiker vinyl, stiker transparan, maupun stiker chromo.

Mengenai kecepatan gimana? Untuk kecepatan xerox 700 bisa ngebut hingga 70 lembar permenit, selain itu kwalitas cetaknya juga tebilang bagus dan glossy.

 

3. Konika 1070 atau Inko A-71

Walaupun berbeda merk, tapi sejatinya kedua mesin ini sama. Yaitu sama-sama lansiran Konika Minolta. Tapi kenapa merknya beda? Menurut sumber yang kami himpun, ada 3 vendor resmi sebagai ATPM mesin ini.

Lantas apa yang membuatnya begitu istimewa?

Sebagai mesin produksi, larinya kencang banget, walau masih sebelas dua belas dengan xerox 700 press, tapi menurut kami kwalitasnya setingkat diatas xerox, warnanya solid, glossy dan tajam.
Tapi bukan hanya itu saja.

Walaupun kelasnya sudah produksi, teryata tersedia juga fitur scan dokumen, plus fotocopy warna.

Mari kita beranjak ke mesin large format.

4. Indoor Surecolor 9060

Mesin teranyar dari pabrikan Epson ini merupakan mesin istimewa, karena dibekali tinta 10 warna.
Bayangkan, 4 warna aja hasilnya udah bagus. Kalau 10 warna menurut anda gimana? Yang pasti, kwalitas cetak tajam, warnanya solid dan anti air.

Tapi yang perlu anda pahami, karena mesin ini berjenis plotter maka bahannya juga khusus.
Berikut kemampuan lainnya :

  • Bisa mencetak semua stiker vinyl meteran
  • Untuk cetak poster (menggunakan luster, albatross, art cartoon, art paper), mengenai detail warnanya bisa anda cetak poster ukuran besar berikut ini.
  • Mampu cetak foto big size, mengenai kwalitas pada bahan kanvas bisa anda baca : cetak foto kanvas

 

5. Outdoor

Pada dasarnya mesin ini memang dirancang untuk mencetak spanduk dengan cepat. Makanya tak jika sebagian bisa ngebut dari 150 hingga 300 meter perjam.

Tapi pernah gak anda bertanya-, kenapa mesin ini kencang?

Hal ini berawal karena kebanyakan konsumen selalu buru-buru, terkadang kayak orang kebelet aja. Alasannya beragam, tapi untuk lebih jelasnya silahkan baca : alasan kenapa perlu cetak spanduk cepat.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda berminat meminang salah satunya?

Memang, Punya mesin print stiker sendiri menguntungkan, Karena anda tidak perlu capek-capek buat (ngoper) ke percetakan.

Tapi pikirkan ini :

Harga Mesin + Biaya Tak Terduga

Dari kelima jenis mesin, hanya xerox 3370 yang harganya under 100 juta. Tapi kalau mesin produksi seperti xerox 700, konika atau inko, maka bersiaplah menguras rekening anda, karena banderol mesin ini berkisar 800 juta hingga 1 milyar.

Pun demikian dengan large format, setidaknya per unit anda harus merogoh 300 juta keatas.
Melihat angkanya, kami berasumsi nyali anda ciut

Tapi bagaimana seandainya anda tetap bisa menggunakan mesin-mesin canggih, tanpa harus mengeluarkan biaya sepersenpun.

Caranya?

Anda cari ordernya, biarkan kami yang mencetaknya buat anda. Masalah kwalitas gak perlu ragu, karena semua mesin ini milik kami. Dengan demikian anda mendapat manfaat sebesar-besarnya, tanpa harus menanggung biaya dan resiko tidak terduga.

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]

subur print

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?