Ini Dia Perbedaan Antara Baliho dan Spanduk

perbedaan baliho dan spanduk
Share:

Perbedaan Baliho dan Spanduk – Marketing tak pernah terpisah dengan promosi. Jika anda seorang pebisnis, maka tentu anda sudah tahu – salah satu cara untuk promosi adalah melalui media cetak. Dan di antara media cetak yang selalu menjadi pilihan dalam promosi, anda mengenal baliho dan spanduk.

 

Jadi Apa itu Baliho dan Apapula itu Spanduk?

 

Jika anda perhatikan, baik Baliho maupun Spanduk selalu dapat kita temui pada tempat keramaian, karena memang disanalah kedua media ini efektif bekerja.

Tapi anda jangan salah, walaupun tujuan utama baliho dan spanduk untuk kebutuhan iklan luar ruangan, namun tidak menutup kemungkinan anda bisa memasangnya dalam ruangan, contoh untuk peringatan maulid, seminar, ulang tahun dan sebagainya.

Sebagai dua item dari media promosi cetak, ada kedekatan karakteristik dari Baliho dan Spanduk. Bahkan banyak orang tidak tahu dan bingung membedakan mana yang baliho dan mana yang spanduk.

Berkaca dari hal itu, maka kami merasa perlu berbagi informasi kepada anda tentang perbedaan baliho dan spanduk ini – tujuannya tidak lain dan tidak bukan – agar pada kemudian hari anda tidak salah ketika mencetaknya.

 

Jadi, mari bersama-sama kita cari perbedaannya.

 

Perbedaan Baliho dan Spanduk

 

Untuk mengetahui perbedaan keduanya, anda mesti mengetahui mulai dari : pengertian, kegunaan, ukuran, ciri-ciri, hingga jenis bahan medianya.

Jadi, mari langsung saja kita mulai.

1. Baliho

Tidak banyak yang tahu jika istilah ‘baliho’ berasal dari Bahasa Arab, artinya menyampaikan. Dan bisa jadi anda baru mengetahuinya setelah membaca posting ini.

Sederhananya, baliho merupakan sarana atau media promosi yang memiliki unsur memberitakan dan memberi tahu suatu kegiatan atau event yang berkaitan dengan khalayak.

Pertanyaannya, pesan apa saja yang bisa anda sampaikan melalui baliho?

Umumnya isi Baliho berupa pemberitahuan kepada publik yang berhubungan dengan produk barang maupun jasa. Tapi juga bisa sebagai media untuk kampanye.

Pada prakteknya ada 2 bentuk yang lazim anda temui, pertama berbentuk vertikal selain itu adapula berbentuk horizontal. Salah satu contoh konkritnya bisa anda temukan pada papan reklame.

Baliho memiliki ciri-ciri berupa:

  • Berukuran besar, mudah terlihat dengan jelas meski dari kejauhan.
  • Secara umum penempatannya di pinggir jalan besar dan strategis.

Untuk lebih jelasnya, mari cermati gambar berikut ini.

 

perbedaan spanduk dan baliho

 

Sekarang mari kita lihat ukurannya.

Baliho bisa anda buat dengan beragam jenis ukuran. Tidak ada ukuran baku untuk baliho, semua tergantung kebutuhan anda.

Jadi sekali lagi secara umumnya, Baliho memiliki beberapa jenis berdasarkan bahan yang digunakan, yaitu:

  • Flexi Korea maupun Flexi Cina, perbedaan kedua bahan terletak pada kualitas dan ketebalannya.
  • Flexi Jerman, untuk kualitas bahan, jelas bahan ini lebih bagus bila kita bandingkan dengan dua bahan diatas, namun tentu saja harganya dua kali lipat lebih mahal dari bahan Flexi korea.

Lantas apa saja keunggulan utama dari Flexi Jerman?

Keunggulannya bisa anda lihat dari pori-porinya, yang mana jauh lebih halus dari Flexi Korea, apalagi dari Flexi Cina.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang flexhi China, silahkan anda baca artikel berjudul : Apa itu Flexi China?

Selanjutnya…

  • Baik baliho vertikal maupun horizontal, rata-rata memiliki ukuran 2 x 3 meter, 3 x 4 atau 4 x 6 meter, 5 x 6 terbuat dari bahan yang telah kami sebutkan tadi.

 

Jadi itulah deskripsi Baliho secara umum.

Selanjutnya mari kita bandingkan dengan deskripsi spanduk berikut.

 

2. Spanduk

Sama seperti baliho, spanduk juga merupakan media promosi untuk menyebarkan informasi dengan biaya murah namun cukup efektif.

Dulu Spanduk hanya berupa kain yang membentang dengan tulisan, warna, dan gambar yang menarik.

Masih pada zaman dulu, saat itu tulisan pada spanduk dibuat dengan cat menggunakan metode sablon screen printing.

Tapi seiring berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, proses pembuatan spanduk jauh lebih cepat. Seberapa cepat prosesnya? silahkan baca artikel kami yang berjudul : cetak spanduk cepat, bisa ditunggu bahkan langsung jadi

 

Teruskan membaca.

Spanduk terbagi menjadi 2 macam yaitu spanduk kain dengan metode sablon, atau print digital dengan mengandalkan bahan flexi sebagai media cetaknya.

 

spanduk

 

Spanduk memiliki ciri-ciri berupa:

  • Memiliki ukuran 1×1, 2×1, 3×1 dan seterusnya. Umumnya tinggi spanduk maksimal hanya sekitar 1,5 meter, untuk panjang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Memuat kalimat pendek dengan tulisan besar.
  • Warna mencolok agar mudah terlihat dan terbaca.
  • Secara umum penempatannya paling banyak di luar ruangan.

Sekarang coba anda perhatikan, kedua media ini ada kemiripan antara satu dengan yang lain. Hanya beberapa detail saja yang memisahkan keduanya.

Selain ciri di atas, Spanduk memiliki beberapa kelebihan sehingga sering menjadi pilihan, seperti proses pembuatan yang murah dan tidak terlalu rumit, jangkauan pemasangan luas, target audiens tidak terbatas serta penempatannya bisa dimana saja.

Namun meski begitu, spanduk juga memiliki kekurangan, seperti :

  • Waktu pemasangannya singkat,
  • Tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap, serta
  • Berpotensi mengganggu keindahan lingkungan – jika pemasangannya anda lakukan secara asal-asalan.

perbedaan antara spanduk dan bailho

 

Baca Juga : 4 Cara Memilih Tempat Cetak Spanduk Online Terpercaya

 

Selanjutnya Kita akan Membahas Masalah Penempatannya.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya – spanduk tidak hanya untuk luar ruangan, namun bisa anda gunakan dalam ruangan.

Saat ini sebagian besar spanduk modern berguna untuk memberikan informasi dan pengumuman mengenai kegiatan atau acara yang bersifat insidental dan temporer, untuk berbagai acara formal dan informal, misalnya acara pisah sambut kantor, diklat, serta memperingati hari besar keagamaan.

Selain itu juga berguna untuk mengajak dan memengaruhi masyarakat, memperkenalkan merk, produk, dan nama perusahaan maupun perorangan.

 

Berikutnya mari kita lihat metode pembuatan spanduk.

Secara umum, spanduk terdiri atas 3 jenis, mulai spanduk sablon, spanduk spray atau semprot, dan yang terbaru saat ini tentu saja digital printing.

Kita akan mengeliminasi 2 metode lainnya, yaitu spanduk spray dan sablon.

Mengapa?

Karena dengan spanduk printing, pengerjaan spanduk maupun balih lebih cepat, banyak pilihan jenis bahan serta yang paling anda suka hasil akhirnya jauh lebih bagus – sebab hasil cetaknya lebih kaya warna.

Dan tentu saja harga cetaknya juga murah.

 

Nah itulah penjelasan ringkas mengenai baliho dan spanduk.

Perbedaan baliho dan spanduk terletak pada peralatan, pemasangan, ukuran, serta penggunaannya.

Baliho cenderung berukuran besar, sedang spanduk tidak. Lalu untuk harga, baliho lebih mahal, apalagi jika memasangnya di lokasi yang memiliki lalu lintas tinggi, pasti biaya sewa dan pajak yang dibayarkan tinggi.

Jadi, setelah anda mengetahui perbedaan di atas, maka anda bisa dengan jelas menetapkan apakah menggunakan baliho ataukah menggunakan spanduk untuk mempromosi produk anda.

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]

subur print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?