Perbedaan Flexi China dan Korea | Mana yang Lebih Bagus?

perbedaan-flexi-china-dan-korea-1
Share:

Kenapa anda harus mengetahui Perbedaan flexi china dan korea? Jawabannya sederhana, katakanlah saat anda pergi ke percetakan nanti untuk mencetak spanduk – anda tidak salah memilih bahan.

Karena seperti yang kita ketahui, semenjak mesin-mesin large format printing lahir, pilihan bahan – khususnya untuk pembuatan spanduk makin beragam, anda pasti tahu jika ada beberapa bahan yang terbuat dari semi kertas, kain dan plastik sintetis seperti flexi.

Tapi satu hal yang barangkali tidak anda ketahui adalah, dari semua jenis bahan yang ada – bahan flexilah yang paling mumpuni, kenapa? karena bahan ini memiliki fitur yang boleh dibilang cocok untuk anda gunakan dalam berbagai kebutuhan. Singkatnya ruang lingkup bahan flexi lebih luas dari bahan yang lain.

Mari kita membandingkannya dengan bahan semi kertas, atau kain – secara head to head, sudah pasti flexi lebih unggul. Jadi sebelum kita membahas lebih detail tentang duo flexi, ada baiknya anda terlebih dahulu tahu kelebihan bahan flexi secara umum.

 

Keunggulan Bahan Flexi

 

  1. Anti air
    Dari semua jenis bahan flexi, baik itu flexi jerman, flexi china, dan korea semuanya sudah waterproof. Walaupun sebenarnya spanduk kain juga anti air, tapi kalau kita bicara daya tahan – kain tetap kalah.

  2. Anti sinar UV
    Salah satu komponen agar spanduk mampu bertahan lama untuk penggunaan luar ruangan bahan tersebut wajib anti UV. Nah bahan flexi memang memiliki fitur ini

Setelah mengetahui keunggulan bahan flexi, sekarang mari kita lihat karakterisitik bahan flexi china dan korea.

Kenapa anda anda mengetahui ini juga? karena setelah kami pelajari – selain punya banyak perbedaan, kami juga menemukan banyak persamaan.

Jadi karena ini informasi bagus, tentu sayang bila kami simpan sendiri, oleh karena itu – izinkan terlebih dahulu menunjukkan :

 

Persamaan Flexi China dan Korea

 

  1. Karateristik
    Dari karakteritik kedua bahan ini hampir sama – pada bagian depan licin, sedangkan bagian satunya lagi (belakang) lebih kasar dan berserat, tapi anda musti tahu jika bagian belakang juga bisa kita cetak.

  2. Ukuran
    Lagi-lagi dalam hal ini mereka masih sama, dari lebar bahan ukuran yang tersedia, mulai dari 2.2 meter, dan 3,2 meter.

    Tapi dalam kebanyakan kasus flexi china lebih lengkap karena mereka dipasarkan ukuran 2.6 meter sedangkan flexi korea tidak.

  3. Kemampuan
    Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, mereka mampu bertahan dari guyuran hujan, sinar uv dan terpaan angin, karena terbuat dari plastik sintetis.

  4. Penggunaan
    Secara head to head, dua-duanya multifungsi, mereka bisa anda jadikan sebagai bahan cetak spanduk, backdrop, baliho, umbul-umbul, x-banner, roll up banner.

Namun tak hanya berhenti sampai disitu, di tangan seorang yang memiliki jiwa bisnis, kedua bahan ini bisa mereka sulap sebagai komoditas dagangan, contohnya bisa anda lihat berbagai produk tas seperti tas ultah. Atau lebih spesifik lagi tas bantuan covid.

Sekarang saatnya kami menunjukkan perbedaan keduanya, mulai dari : keunggulan, kekurangan, hingga harga jual masing-masing bahan, jadi tanpa perlu basa-basi lagi mari bersama-sama kita lihat :

 

Perbedaan Flexi China dan Korea

 

Flexi China

Agar anda lebih mudah memahami seperti apa bentuk flexi china ini, rasanya kami perlu menampilkan contoh berupa gambar.

Mari kita lihat gambar pertama.

 

perbedaan flexi china dan korea

 

Apa yang anda temukan?

Anda menjawab “Seratnya terlihat kasar ya”

Benar…

Lalu apalagi?

“Bahannya juga terlihat tipis”

Anda betul…

Tapi walaupun demikian, faktanya flexi china ini menjadi bahan terlaris di pasar dalam negeri. Apa sebab, karena flexi china memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki bahan lain. Apa saja keunggulannya? Mari kita lihat :

 

Keunggulan Flexi China

 

Keunggulan flexi china tidak lain dan tidak bukan adalah harganya super murah. Sudah bukan rahasia lagi, jika pangsa pasar yang mereka sasar adalah segmen low end, yang umumnya konsumen kelas ini, memiliki dana yang tiris – tapi tetap pengen punya spanduk.

Coba anda bayangkan, berapa banyak masyarakat kita yang memiliki bakat seperti ini? Banyak banget bukan? Dan bisa jadi anda termasuk salah satunya.

Kekurangan Flexi China

Seperti kebanyakan barang dari china, maka sebaiknya anda jangan heran – jika daya tahan bahan ini tidak lama. Setidaknya flexi china secara ideal bisa anda gunakan maksimal 6 bulan untuk luar ruangan. Tapi kalau dalam ruangan, hingga 5 tahun bahkan lebih itu masih memungkinkan.

Kenapa demikian?

Balik lagi ke faktor alam.
Bayangkan jika spanduk anda setiap hari terpapar hujan, jangankan spanduk, rambut anda saja kalau terpapar matahari bisa setiap hari, bisa berubah warna ya kan?

 

Selanjutnya, Harga

Yang pasti dari semua flexi, bahan inilah yang termurah. Jujur saja, jika anda pernah membaca atau mendengar iklan cetak spanduk murah, inilah bahan yang digunakan.

Sedikit tambahan informasi, Flexi China tersedia mulai ketebalan 230, 240, 260, 280 dan 340.
Tapi berapa harganya? Tenang…, karena tidak lama lagi artikelnya segera tayang. Jadi pastikan anda membacanya nanti.

 

Artikel menarik lainnya :

 

Sekarang kita akan beralih ke pambahasan berikutnya. Yaitu :

 

Flexi Korea

Setingkat lebih tinggi dari flexi china, flexi korea memang menyasar pangsa pasar kelas menengah. Dan itu artinya orang-orang yang lebih mengutamakan kwalitas. Pada umumnya orang yang memilih bahan ini, ingin melihat spanduk yang mereka buat bagus secara visual, sekaligus dapat bertahan dalam waktu jangka lama.

Hmmm…Apakah anda termasuk salah satunya? Silahkan anda jawab dalam hati.

Karena sesaat lagi, anda akan mengetahui :

 

Keunggulan Flexi Korea

Tapi sekali lagi, kami ingin anda melakukan identifikasi sendiri dari gambar berikut ini.
Jadi mari cermati gambar ini dengan teliti.

 

flexi korea

 

Apa yang anda temukan?

“Sekilas teksturnya mirip jok motor ya”

Betul…

Lalu apalagi?

 

“Warnanya cetaknya lebih tajam”

Nah itu dia, kenapa flexi korea ini lebih mahal ketimbang flexi china.

Sekarang kami akan menambahkan sedikit informasi tentang fiturnya. Secara umum flexi korea dipasarkan dengan ketebalan 380 dan 440 gram, lihat ketebalan hampir dua kali lipat jika kita bandingkan dengan flexi china.

Selain itu, anda tadi juga melihat, permukaan bahan ini lebih halus, dan itu berarti warna cetakan akan lebih tajam dan tentu saja secara ramah secara visual. Kami menyarankan anda untuk menggunakan jenis doff (matte).

Sama halnya dengan flexi china, walaupun korea lebih mahal tapi tetap saja ada kekurangan.

 
Satu Kekurangan Flexi Korea

 

Satu fakta yang sulit kita bantah bahwa kekurangan bahan flexi hanya harganya yang memang dua kali lipat dari flexi china. Tapi walau bagaimanapun juga harga tersebut masih masuk akal, karena fitur yang mereka tawarkan jauh lebih baik juga.

Nah bagaimana menurut anda? Apakah anda sudah menentukan pilihan yang mana yang akan anda gunakan?

Atau anda bingung sehingga perlu saran dari kami mana yang paling bagus?
Baiklah.

Jadi begini, sejauh ini anda sudah mengerti, jika pada dasarnya baik flexi china maupun korea, sama-sama bagus, sama-sama murah. Karena fakta berbicara, walaupun harga flexi china setengah harga flexi korea, tapi jika kita melihat daya tahan, flexi china juga hanya setengah flexi korea.

Apakah kita bersepakat dalam hal ini?

Jika bisa, sedikit saran buat anda

Bila budget anda tiris maka flexi china adalah pilihan yang masuk akal, sebaliknya anda menginginkan spanduk anda ingin tahan lama, pilihlah korea.

Satu hal lagi. Dan berkaitan dengan mesin cetak spanduk.
Setelah sejauh ini membaca, kami yakin anda telah paham kedua bahan ini bagus, namun bukan berarti semua mesin bisa menghasilkan hasil cetak yang maksimal.

Jadi perlu kami ingatkan anda, agar spanduk anda maksimal – pilihlah percetakan spanduk yang tepat.

Anda tidak perlu bingung kemana mencarinya, karena untuk urusan cetak spanduk di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat (kemayoran) biar kami yang membantu anda.

 

Next Artikel : Perbedaan Baliho dan Spanduk

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]

subur print

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?