Perbedaan Stiker Vinyl dan Chromo | Kelebihan & Kekurangannya

perbedaan stiker vinyl dan chromo
Share:

Perbedaan stiker vinyl dan chromo, percaya atau tidak – jika kedua stiker ini sudah terpasang maka anda akan sulit untuk membedakan mana yang vinyl mana yang chromo.

Kenapa begitu?

Karena secara visual keduanya persis terlihat sama. Makanya tak heran, jika tidak sedikit orang yang kesulitan mengetahui stiker yang mereka gunakan.

Kami pun dulu juga gitu…

Tapi, setelah lama menggunakan kedua bahan ini, kami jadi tahu cara termudah untuk membedakan-nya. Dan kabar baiknya, hari ini kami akan memberi tahu anda.

Mau tahu caranya?

Jika iya, teruslah membaca.

Dalam dunia perstikeran khususnya A3 (plus), vinyl dan chromo, mampu merebut hati penggunanya, terbukti hingga saat ini, mereka menyandang predikat stiker terlaris.

Jika chromo laris manis karena harganya. Vinyl hadir dengan segudang fitur yang tentu saja sangat sulit untuk dipandang sebelah mata.

 

Apa saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Sejauh pengamatan kami, terdapat banyak sekali perbedaan – dan yang paling mencolok tentu saja kemampuan, daya tahan, serta harga jual. Tapi apa yang paling mengejutkan – ternyata mereka juga memiliki persamaan. Setidaknya dalam penggunaan.

Baik vinyl ataupun chromo sejauh ini sama-sama bisa anda manfaatkan untuk berbagai keperluan, baik untuk branding, mainan, stiker label dan lain sebagainya, intinya dalam hal penggunaan sama sekali tidak ada batasan.

 

Agar anda mudah memahami, kami akan memberikan satu contoh kasus.

Bayangkan, jika anda mencetak stiker untuk anda tempelkan diluar ruangan, sedangkan anda tahu stiker luar ruangan wajib memiliki daya tahan dari air maupun sinar matahari.

Apa yang terjadi jika anda salah memilih bahan stiker? lebih daripada tidak – sekali kena hujan, seketika itu pula stiker anda langsung rusak.

Tapi kami yakin, setelah membaca posting ini anda terhindar dari kesalahan-kesalahan seperti tadi. Karena di sepanjang postingan ini anda akan mengetahui perbedaan stiker vinyl dan chromo secara menyeluruh mulai dari :

  • Kelebihan dan kekurangan stiker vinyl dan chromo.
  • Manfaat yang anda dapatkan setelah mengetahuinya.

Jadi sebagai langkah awal, mari bersama-sama kita lihat :

Manfaat Mengetahui Perbedaan Stiker Vinyl dan Chromo

Ada banyak manfaat ketika anda mengetahui perbedaan kedua stiker ini, berikut diantaranya:

  • Anda bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan, bahkan tanpa perlu repot-repot bertanya kesana-kemari sekedar meminta saran. 
  • Terhindar dari salah pilih bahan. Entah bagaimana reaksi anda ketika mengetahui stiker yang anda cetak. Jujur, kalo kami sih keringetan. 
  • Bisa menentukan budget. Hal ini tidak bisa kita pungkiri, karena tanpa mengetahui budget yang pasti – anda kebingungan menentukan berapa anggaran yang perlu anda siapkan.

Sebenarnya, masih ada banyak manfaat lain. Tapi untuk sementara 3 aja cukup.

Baca Juga : Tips aman Cetak Stiker Online

Sekarang kami akan memberitahukan perbedaannya, mulai dari :

Stiker Chromo

Stiker chromo, adalah stiker yang bahan bakunya terbuat dari kertas, dan untuk anda ketahui, dari semua jenis bahan stiker – chromo ini merupakan stiker dengan kasta terendah.

Tapi anda jangan salah mengira jika chromo bakal tampil seadanya. Tidak demikian, karena secara visual chromo hadir dengan permukaan mengkilap (glossy).

Berikut penampakannya :

beda stiker cromo dan vinyl

Selain itu, Anda juga perlu tahu, jika chromo terbagi dalam 2 jenis, yaitu Fastec dan Lintec.

“Lalu apa perbedaan kedua bahan chromo ini ya mas”?

Kami senang bila anda bertanya. Jadi, mari kami tunjukkan.

Secara fisik, chromo identik dengan lapisan belakangnya yang berwarna kuning, dan cara untuk membedakannya mudah, cukup perhatikan lapisan belakangnya saja.

Jika fastec kuningnya lebih tua, lintec kuningnya muda (pucat).
Permukaannya pun beda, jika fastec agak sedikit butek, lintec glossynya jauh lebih merata.

Lantas, dari kedua chromo ini mana yang paling bagus?
Lintec.

Setelah memahami jenisnya, mari kita bahas lebih dalam lagi, yaitu :

Keunggulan Stiker Chromo

 

Pertama. Ekonomis.

Satu fakta yang sulit terbantahkan adalah harganya. Ramahnya harga tentu menjadi kabar baik bagi konsumen (termasuk anda). Karena dengan demikian anda tidak perlu khawatir over budget ketika menggunakan stiker ini.

Kedua. Bisa Dicetak dengan Printer Biasa.

Sudah harga bahannya murah, untuk mencetaknya pun bisa menggunakan printer rumahan, tanpa perlu mengganti tinta ke (art paper). Tentu saja, hematnya bisa dobel-dobel, ya kan?

Tapi sebaiknya anda jangan senang dulu sebelum mengetahui kekurangannya. Karena stiker chromo memiliki banyak kekurangan, yuk kita lihat :

3 Kelemahan Stiker Chromo

perbedaan stiker chromo dan vinyl

  1. Tidak Anti Air
    Selayaknya kertas, bila stiker ini kena air – maka tidak butuh waktu lama permukaannya akan rusak. Tapi anda jangan khawatir, karena kami akan memberi tahu cara untuk mengatasinya.Cara tersebut tidak lain adalah dengan memberi lapisan, anda mengenal ini dengan istilah laminasi (laminating).
  2. Gampang Robek
    Kembali lagi pada alasan pertama, karena basic chromo yang terbuat dari kertas, maka bagaimanapun juga, pasti mudah robek.
  3. Lemnya Kuat
    Pada satu sisi, kekuatan lem chromo cukup menguntungkan, karena dengan demikian anda tidak perlu takut stiker anda copot.Tapi, yang jadi masalah ketika anda salah pasang, stiker ini akan rusak bila anda mau melepasnya. Jadi, pastikan anda hati-hati ketika memasangnya ya.

Sampai disini anda telah paham, kelebihan dan kekurangan stiker chromo.

Jika begitu, mari kita beralih ke topik selanjutnya, yaitu:

Stiker Vinyl

Jika chromo terbuat dari kertas, stiker vinyl basicnya dari plastik. Dan kami yakin, anda akan jatuh hati dengan berbagai kelebihannya. Mari langsung saja kita cari tahu apa yang dia punya.

 

Artikel Menarik Lainnya :

 

Keunggulan stiker vinyl

Setidaknya ada banyak hal yang akan anda sukai dari stiker vinyl. Berikut 3 diantaranya

  1. Anti air
    Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan, mau anda tempel diluar atau dalam ruangan, monggo.Bahkan jika mau jadikan sebagai stiker label botol minuman, dan anda masukkan ke dalam kulkas, itu tidak jadi masalah.
  2. Tidak mudah robekTapi bukan berarti tidak bisa robek loh ya, tetap bisa (tapi untuk merobeknya anda butuh sedikit tenaga).
  3. Lentur
    Dengan fitur ini, vinyl memungkinkan untuk anda tarik, tapi nariknya selow aja, jangan anda paksa. Intinya, jika sewaktu-waktu anda salah pasang, stiker ini bisa anda copot secara utuh, dan tentu saja anda bisa nempelin lagi. Mantaab kan?.

Jadi itulah 3 kelebihan utama stiker vinyl.

perbedaan vinyl dan chromo

Sebenarnya masih ada beberapa keunggulan lain. Tapi kami pikir, ada baiknya nanti kami buatkan halaman tersendiri. Jadi pastikan anda tidak ketinggalan informasinya.

Setelah mengetahui keunggulan, rasanya tidak lengkap jika anda tidak mengetahui kelemahannya juga. Apa saja kelemahannya?

 

Berikut 2 Kelemahan Stiker Vinyl

Pertama. Harganya mahal

Sepengetahuan kami untuk harga bahan saja, stiker vinyl tiga kali lipat lebih mahal dari chromo.

 

Kedua. Untuk mencetaknya pun, hanya bisa dengan printer khusus.
Karena untuk mendapatkan hasil terbaik, satu-satunya jalan hanya dengan menggunakan mesin yang mumpuni.

Jadi selain bahan, kami menyarankan anda untuk mengetahui mesin cetaknya juga. Silahkan baca : 5 mesin cetak stiker yang bagus untuk print stiker.

 

Sekarang, kita sampai pada akhir tulisan.

Setelah mengetahui perbedaan stiker vinyl dan chromo secara detail, mulai fitur, keunggulan dan kelebihan, menurut anda mana yang terbaik?

Namun sebelum anda menjawab, biar kami beri kesimpulan dulu.
Baik vinyl ataupun chromo sama-sama bagus, tergantung dari sisi mana kita menilainya.

Dan pada akhirnya semua kembali lagi pada kebutuhan anda, jika anda ingin memiliki stiker tapi tidak ingin dompet kering, pilihan terbaik tetap pada stiker chromo.

Sebaliknya, jika ingin punya stiker yang tahan lama, anti air, untuk anda gunakan diluar ruangan, tentu vinil pilihan masuk akal.

Tapi manapun nanti yang anda pilih, jangan pernah abaikan satu hal penting berikut ini.
Sebagus apapun bahan, jika anda salah memilih percetakan maka bisa dipastikan stiker anda sia-sia.

Jadi supaya hasilnya maksimal, biarkan kami membantu anda.

Follow kami di Instragram. Untuk mengetahui kwalitas dan proses pengerjaan stiker Anda. Klik disini

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]

subur print

2 thoughts on “Perbedaan Stiker Vinyl dan Chromo | Kelebihan & Kekurangannya

Comments are closed.

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?