Cetak Ebook Biar Murah – Mending Pake Offset atau Digital Print?

Share:

cetak ebook murah


Cetak ebook murah – Anda ingin mencetak Ebook atau buku digital Anda lalu menjadikannya buku fisik?

Kabar baiknya ebook bisa anda cetak ke dalam berbagai bentuk buku.

Misalkan bila anda seorang pelajar dan ingin memiliki buku teks dari e-book yang anda beli dari internet, anda bisa melakukan print out menggunakan printer anda sendiri.

Untuk sekadar konsumsi pribadi, menggunakan kertas HVS untuk cetak ebook tentu sudah cukup. Mencetak buku menggunakan printer pribadi bisa menggunakan format booklet pada pengaturan printer pada komputer.

Anda bisa menggunakan software Adobe Reader atau MS Word. Untuk urusan praktis dan murah, anda bisa pilih cara ini.

Tetapi bila anda ingin mencetak ebook menjadi buku fisik yang profesional maka anda butuh percetakan. Printer rumahan tidak akan mampu menghasilkan buku sebagaimana percetakan mencetak buku.

Datangi percetakan buku terdekat, dan anda akan menemukan mesin cetak buku yang berbeda dengan printer anda yang mungkin selama ini anda belum tahu.

 

Cetak Ebook Menjadi Buku Fisik

Hal ini tidak hanya dilakukan oleh penerbit atau penulis. Percetakan tentu saja tidak hanya melayani dua komponen tersebut. Singkat kata, semua orang bisa mendapatkan jasa layanan ini.

Dengan beragam alasan, semua orang bisa mencetak ebook mereka, termasuk anda.
Meski demikian, alasan paling umum orang memilih percetakan untuk mencetaknya adalah untuk tujuan distribusi dan komersil. Tujuan-tujuan seperti ini memerlukan kualitas hasil percetakan selazimnya buku-buku produksi penerbit.

 

Aturan Cetak Ebook

Apakah semua e-book bisa dicetak? Tentu saja tidak.

E-book atau buku digital memiliki hak cipta sebagaimana Undang-Undang Hak Cipta telah mengaturnya. Pelanggaran terhadap sebuah hak cipta adalah pelanggaran yang serius yang sebaiknya anda hindari.

Pada dasarnya, hak cipta e-book sama seperti hak cipta buku cetak. Jadi dengan membeli sebuah e-book tidak berarti anda membeli hak cipta e-book tersebut.

Sebelum melakukan print ebook sebaiknya teliti kembali aturan yang ada. Biasanya pada website tempat anda membelinya terdapat term & condition yang mengikat atau melonggarkan kepemilikan ebook.

Baca terlebih dahulu ketentuan yang berlaku. Jangan serta-merta langsung mencetaknya. Term & Condition sering menyangkut larangan menyebarluaskan, mendistribusikan secara ilegal, mengkopi atau memperbanyak, dan mengubah bentuk ke dalam bentuk lain.

Dalam kasus ini, mencetak sebuah e-book tanpa izin dari pemilik hak cipta atau pemegang hak cipta tentu saja sebuah pelanggaran.

Berbeda halnya dengan pembaca e-book yang terikat pada ketentuan yang dikenakan terhadap sebuah e-book, seorang penulis memiliki hak untuk men cetak ebook-nya sendiri. Baik penulis maupun penerbit merupakan pihak pemilik dan pemegang hak cipta sebuah buku atau e-book.

Dalam sebuah kondisi, yang mana penerbit hanya menerbitkan buku penulis berupa e-book tanpa menerbit buku fisik misalnya, maka penulis bisa mencetak sendiri bukunya sesuai kesepakatan dengan penerbit.

 

Jadi jelas bahwa men cetak ebook memiliki peraturannya sendiri.

Tanggung jawab terhadap pelanggaran yang akan terjadi kemudian hari bila anda mencetaknya tanpa mencermati peraturan bukan tanggung jawab percetakan.

 

cetak ebook online

 

Ada Dua Metode untuk Cetak Ebook Murah

 

Kedua metode tersebut adalah Digital Printing dan Offset Printing
Anda bisa menemukan bacaan dari berbagai sumber tentang dua jenis mesin percetakan ini. Yang perlu anda garis bawahi adalah baik digital printing maupun offset printing sama-sama bagus untuk mencetak buku termasuk cetak ebook anda.

Dengan keunggulan yang berlaku pada masing-masing jenisnya, anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan, kualitas dan budget anda.

Pada jumlah yang relatif sedikit, kami menyarankan anda menggunakan digital printing karena mesin ini memang tercipta untuk memenuhi produksi skala kecil semisal 500 buku kebawah.

Namun bila anda mencetak buku dalam jumlah besar, kami menganjurkan anda menggunakan offset printing.

Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencetak, offset memiliki kemampuan menjaga kualitas hasil cetakan untuk produksi jumlah besar.

Digital printing dan offset printing hampir memiliki kualitas yang setara dalam jumlah tertentu. Yang membedakan adalah cost produksinya.

Mencetak dalam jumlah besar, kita tidak bisa pungkiri kalau kualitas hasil cetakan digital printing akan mengalami sedikit penurunan. Nah alasan itulah kenapa penerbit mayor lebih menggunakan offset printing untuk mencetak buku-buku terbitan mereka.

 

Berikut gambaran singkat mengenai…

 

Cara Kerja Digital Printing dan Offset Printing.

Digital printing merupakan mesin cetak modern yang langsung mencetak ke-atas kertas.

Pada skala paling kecil, perhatikan printer anda bila anda memilikinya di rumah. Begitu anda menekan tombol aktifnya maka printer akan memprint tulisan ke dalam media yang anda gunakan, dalam hal ini kertas.

Kualitas tulisan pada kertas bergantung pada jumlah tinta yang pada tangki.
Semakin banyak kertas yang anda print maka ketersediaan tinta makin berkurang sehingga jadi jelas kenapa dalam jumlah banyak kualitas akan menurun.

 

Cara Kerja Offset Printing Lebih Kompleks

Mesin ini menjadi mesin cetak klasik tetapi mampu menghasilkan kualitas secara konsisten dalam jumlah besar. Tidak seperti digital printing, mesin cetak offset membutuhkan dua komponen penting yakni plate dan rubber blanket sebelum menghasil hasil cetakan ke atas media.

Plate merupakan wadah untuk mentransfer tulisan, kemudian dipindahkan ke atas rubber blanket, dan dari sana baru cetak ke atas kertas.

Untuk urusan biaya, digital printing dihitung secara konstan per lembarnya. Misalkan setiap lembar dikenakan 500 rupiah maka harga berlaku untuk per sekian lembar kertas cetakan.

 

Berbeda Dengan Sistem Harga Offset.

Percetakan offset memiliki penerapan harga jumlah minimum tertentu dan akan semakin murah bila cetakan makin banyak. Kondisi menghasilkan dua hal, jika anda mencetaknya dalam jumlah kecil maka harga offset tergolong mahal, tetapi jika anda mencetaknya dalam jumlah besar maka terhitung murah.

Tiga perbandingan kecil tadi setidaknya membantu anda memilih dua jenis cetakan untuk ebook anda. Jadi bila anda ingin cetak ebook murah, anda tidak perlu bingung memilihnya.

 

cetak ebook

 

Penulis: Jualan Ebook dan simpan buku fisik

Perkembangan dunia literasi telah sampai pada tahap dimana beberapa penerbit lebih memilih menerbitkan hasil karya penulis dalam bentuk ebook. Jalur penjualan secara digital terlihat lebih menguntungkan ketimbang jalur konvensional.

Bahkan keinginan untuk hanya menerbitkan dalam bentuk e-book beberapa datang penulis. Misalkan dalam penerbitan buku secara self publishing dengan menggunakan penerbit Indie.

Penulis, untuk mengurangi biaya marketing terpaksa memilih cetak ebook murah sebagai satu-satunya bentuk bukunya.

Bila anda adalah penulis yang termasuk ke dalamnya, maka sudah saatnya anda memiliki buku fisik secara mandiri. Menulis tidak melulu soal uang, melainkan tentang integritas dan kebanggaan.

Bila anda tengah berpikir bahwa menjual buku cetak susah karena tidak memiliki tim marketing misalnya, maka tidak perlu menjualnya.

Anda hanya perlu memiliki buku tulisan anda dalam bentuk fisik. Cetak ebook anda beberapa eksemplar saja. Gunakan sebagai koleksi misalnya, juga hadiahkan kepada orang-orang terdekat anda.

Rasanya akan selalu berbeda antara menyentuh buku secara fisik dengan hanya melihatnya di layar gadget. Apalagi bila anda adalah penulisnya.

Selanjutnya apa?
Bila anda ingin cetak buku atau cetak ebook murah, kami siapkan jasa cetak ebook murah, baik secara digital printing, maupun offset printing.

 

Chat dengan Dwi 0813 1586 6331 untuk berdiskusi seputar cetak ebook anda.

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?