Tempat cetak poster : 3 cara memilih percetakan yang benar

tempat cetak poster

Ada 3 kesalahan terbesar, yang sering dilakukan konsumen – ketika mencetak poster.
Salah satunya, keliru memilih tempat cetak poster itu tadi.
Kelihatan-nya sepele tapi jika diabaikan akibatnya fatal.

Salah memilih tempat cetak poster – berarti rugi.

Sesederhana itu

Silahkan anda protes nanti…
Tapi sebelum itu biar kami jelaskan dulu, penyebab utama kesalahan tadi.
Jadi selama ini, mayoritas konsumen selalu berpikir – jika semua tempat cetak poster itu sama.

Nah, 99% kekeliruan tersebut itu berawal dari sini.

Mengapa ?
Karena mesin pencetak poster itu banyak jenisnya. Dan tinta yang digunakan juga beda-beda.
Jadi anda harus janji untuk tidak ikut-ikutan melakukan kesalahan ini.

Tetapi anda  berkata :

… “Ah itu mah terlalu mengada-ada”.

Ok !

Mari kita berandai-andai Anda ingin mencetak poster ukuran A1, katakanlah di tempat cetak poster terdekat yang anda temui. Sekilas anda berpikir akan prosesnya berjalan lancar.

Tapi anda kaget…(ketika mendapatkan hasil cetakan poster anda, bergaris, warnanya nggak rata, dan buram).
Bukan hanya itu …
Beberapa gambar di poster anda hilang – plus Font-nya berubah.
Dan celakanya… poster anda (jumlahnya ribuan).

Sekarang anda terdiam. Yang tersisa hanya penyesalan.
Sedangkan disisi lain-nya. Pemulung bersuka cita. Mereka berdoa, semoga kertas tadi pindah (ke gerobaknya).

Jadi, sekarang anda paham – pentingnya memilih tempat cetak poster dengan benar ?.

Karena jika salah – solusinya gak ada (selain mencetak ulang).
Dan sumpah… (itu sangat menyakiti dompet anda).
Jadi jika anda ingin tetap mencetak poster hari ini, mari perbaiki kesalahan tadi.

Maka tanpa basa-basi lagi, mari kami tunjukkan…

Inilah 3 hal yang harus diperhatikan ketika mencetak poster

Hal #. Pertama dan utama, File (design)

Kabar baiknya (sekaligus kabar buruk) hasil cetakan ditentukan dari file (design).
Nah, disinilah sebagian besar konsumen melakukan kesalahan.
Jika file nggak beres, maka hasil akhirnya bisa di tebak (nggak bakal beres juga).

Pertanyaannya file yang sesuai standar percetakan itu seperti apa ?

Gambar-nya tajam minimal resolusi-nya 300 dpi.
Tapi jika file anda besar, jangan khawatir… menggunakan resolusi 200 dpi-pun nggak masalah.
Lakukan test zoom hingga 150% dulu. Jika, gambar-nya masih tajam – itu berarti layak cetak.

Percaya deh, diluar sana banyak percetakan (nggak mau ambil pusing dengan kondisi file anda).
Mau blur, pecah dan lain sebagainya. Buat mereka, yang penting mesin-nya jalan dan menghasilkan uang.

Berikutya …

Gunakan mode warna CMYK

Warna monitor tidak bisa dijadikan acuan hasil cetak . Karena memang gak bakal bisa sama.
Warna monitor itu RGB (red green blue), sedangkan mesin CMYK (cyan magenta yellow black).

Gak percaya… ?

Coba stel brightness dan contras monitor anda. Lalu perhatikan yang terjadi (ketika anda menaikkan dan menurunkan tombol tadi).

Gimana ?
Warna design anda otomatis berubah kan ?
Nah yang kami maksud tuh, itu. Kenapa warna cetak gak bisa sama dengan tampilan monitor.

Jadi jangan ngotot minta hasil-nya persis ya. (malu – nanti anda diketawain).

Selanjutnya …

Bawa file siap cetak dengan format PDF – JPEG – TIFF

Hindari bawa file mentah, seperti : PSD, Corel dan Adobe Illustrator atau Microsoft Office.
Selain berat, format ini sering bermasalah contohnya (missing font dan missing link).
Sebagai gantinya : bawa beberapa format file. Lalu copy-kan ke flashdisk atau eksternal hardisk.

Karena pada langkah berikut-nya, anda akan kami ajak berkunjung ke tempat bikin poster.

Tapi sebelum berangkat, lakukan survey dulu. Dan kita akan memanfaatkan Google untuk mencari referensi.
Jadi…pastikan anda mencatat alamat dan nomor telepon percetakan poster tadi.

Apakah anda sudah siap ?

Teruskan membaca.

Hal #. Kedua, memilih tempat cetak poster

Anda tidak butuh percetakan terkenal, yang anda butuhkan percetakan kredibel.
Kredibel disini berarti ada toko fisiknya.

Sekarang kami asumsikan anda telah mengantongi alamat dan nomor telepon percetakannya.
Selanjutnya… mari sambangi lokasinya.
Jadi disini anda bukan sambil rebahan dan ngandalin street view google lo ya.

Dengar…

Anda akan mendapati perspektif berbeda ketika mendatangi langsung percetakan poster tadi.
Jadi anda tidak punya pilihan lain untuk hal ini.

Selanjutnya …

Hal # Ketiga, memilih mesin cetak poster

Kabar buruknya, beberapa percetakan besar menempatkan mesin mereka di ruangan khusus.
Kami tau hal itu menyulitkan anda.
Tapi anda bisa menggunakan insting untuk menilai.

Atau…

Anda bisa nanya-nanya dulu, mesinnya dimana trus tanya merk-nya. Jangan ragu (karena ini penting).
Sedikit bocoran : kalau seandainya mereka gagu menjawab pertanyaan anda. itu bisa jadi satu tanda-tanda.

Kalau seandainya anda kurang yakin…
Minta katalog dan sample warna-nya. Dan biasanya percetakan (yang punya mesin sendiri) selalu menyediakan katalog.

Masih belum yakin juga ? tinggalkan, lalu cari tempat yang lain.

Pilih percetakan yang punya mesin (minimal 8 warna kalau bisa 10 warna)

Dan wajib bisa mencetak ukuran besar, minimal hingga lebar 1.5 meter

Kenapa ?

Karena kalau mesin besar sudah pasti bisa nyetak yang kecil. Sesederhana itu.
Sebagai panduan – cari mesin indoor atau ecosolvent.
Kurang lebih sebesar ini ukuran mesin-nya.

tempat cetak poster terdekat

Tapi tentu saja anda bertanya-tanya :

“ kenapa harus mesin indoor atau ecosolvent, dan minimal 8 warna ? ”

Baik…itu pertanyaan bagus.

Mesin 8 atau 10 warna ini mengusung teknologi baru.
Jadi mesin ini mampu menghasilkan warna yang solid, halus dan tajam.
Nah, agar anda tidak kesulitan membayangkan serta mengira-ngira hasilnya seperti apa…

Biar gambar berikut yang menjelaskan detailnya.

tempat-cetak-poster jakarta

nsdsfsdf

tempat print poster terdekat

Hmmm… kami tau anda tersenyum sekarang.
Tapi… bukankah kwalitas seperti itu yang anda inginkan ?

Bonus tips : mengenali bahan.

Jika selama ini bahan poster itu monoton (kalo gak art paper ya art cartoon).
Tapi sekarang anda bisa berkreasi menggunakan beberapa jenis bahan berbeda.
Pernah tau atau dengar : kertas silky, luster, albatross, photo paper, canvas, dan vinyl ?.

“bukannya canvas itu untuk cetak photo ? dan vinyl itu sticker ?” anda protes

Nah… kami nggak salah tebak kan ? ternyata anda memang belum tau.
Semua bahan yang kami sebut tadi – bisa dijadikan poster. Bahkan, bisa dijadikan cetak photo (ukuran besar).
Seperti photo pre-wedding, photo wisuda, photo anak, atau photo apapun yang anda mau.
Kalau mau, (anda bisa mengambil ide dari gambar pertama di awal postingan ini).

Baca juga cara : 5 Jenis Bahan Cutting Sticker [untuk keperluan modifikasi mobil & motor]

Jadi kesimpulan-nya

Dengan membaca posting ini, anda telah paham :

  • Cara menyiapkan file design,
  • Cara mencari tempat cetak poster,
  • Hingga mengetahui jenis mesin bahkan juga tau jenis bahan-nya.

Tapi mungkin ada satu hal yang belum anda tau (dan itu tentang kami).

Lihat… sejauh ini kami tidak setengah-setengah mengajarkan anda.
Disini kami bercerita – silahkan anda ambil kesimpulannya.
Jadi setelah semua – keputusan akhir tetap ditangan anda.

Ingat…

Yang anda butuh percetakan kredibel. Bukan yang besar apalagi terkenal.
Mau cari percetakan poster terdekat dulu…boleh aja. Yang penting anda nyaman.

Dan yang terakhir sekaligus penutup

99% kesalahan terbesar konsumen – berawal dari masalah sepele. Dan seperti yang anda tau (mayoritas mereka keliru ketika memilih tempat cetak poster).
Konsekwensi-nya jelas – jika salah pilih tempat (dompet anda menderita ).

Jadi kami sarankan…

Jika anda berhasil menemukan percetakan dengan ciri-ciri yang kami sebut tadi, (udah… langganan di situ aja).
Tapi tentu aja ada disclaimer : pelayanan, harga, kenyamanan serta ketepatan waktu – wajib dipertimbangkan.
Karena hal itu akan menjadi pembeda.

Oh ya…

Omong-omong, gambar 3 dan 4 tadi itu dicetak menggunakan mesin 10 warna.
Menurut anda kwalitasnya gimana ?
Bagus banget kan… ?

Hehe makasih banyak lho pujiannya.

Oh ya, itu salah satu mesin yang kami pake lho…

Silahkan Anda mampir ke tempat kami untuk melihat mesin tadi. Bukan hanya fisiknya, ngetes kwalitasnya juga bisa.

Gimana ?… Anda punya pertanyaan lain-nya, atau ingin konsultasi ?
Silahkan hubungi (Dwi) di nomor 0813-1586-6331 WA only. Senin s.d Sabtu Jam 08.00 – 17.00
Diluar jam itu hubungi (Putra) 0813-8640-9048 yang On hingga jam 23.00 setiap harinya.
Atau kalau mereka slow respon. Telepon nomor 021-214-77-028 Agar tersambung dengan staff kami lainnya.

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?