Senin - Jumat : 08.00 - 23.00
Sabtu : 09.00 - 20.00
Minggu : 10.00 - 21.00

5 Tips Membuat Buku Yang Berkualitas Dan Murah

tips membuat buku
Share:

 

Tips membuat buku – Membuat buku memiliki dua makna.

Pertama, merumuskan segala bentuk gagasan atau hasil pemikiran, penelitian, reportase ke dalam rangkaian tulisan. Dalam hal ini makna buku adalah sebuah hasil kerja intelektual.

Kedua, membuat buku juga bermakna sebagai proses memindahkan hasil tulisan ke atas kertas dengan cara mencetaknya. Makna buku itu sendiri berarti membentuk fisik buku dengan segala atributnya.

Nah dalam artikel ini, anda akan menemukan tips membuat buku dengan cakupan dua makna di atas.

 

Berikut 5 Tips Membuat Buku

 

Mari kita mulai …

 

A. Persiapan Naskah

 

Semua buku seharusnya ditulis dengan kedisiplinan. Tidak masalah apakah buku anda buku fiksi atau non fiksi, yang pasti sebagai penulis anda perlu membuat sebuah komitmen pribadi hingga buku tersebut benar-benar bisa tercipta.

Setidaknya secara garis besar langkah membuat buku dari tulisan hingga menjadi sebuah bentuk buku meliputi 6 hal berikut.

 

1. Tujuan menulis dan target pembaca

 

Sebuah buku membawa misi tertentu dalam tulisannya. Tidak ada penulis yang mau membuang waktu untuk menggarap buku bila buku tersebut tidak memiliki tujuan apa pun.

Ada banyak sekali tujuan dari sebuah penulisan buku, misalkan buku pembelajaran, buku kajian ilmiah, pemaparan hasil penelitian, novel tentang perbudakan dan lain sebagainya.

Tujuan anda harus jelas…

Agar segala proses penulisan anda terarah menuju satu-kesatuan agar pembaca bisa menangkap maksudnya.

Setelah maksud dan tujuan penulisan buku sudah anda rumuskan dengan baik, maka anda akan dengan mudah memilih target pembaca buku anda.

tips print buku

 

Tujuan dan target pembaca bergerak secara bersamaan.

Anda mungkin menulis mengenai ketimpangan sosial berdasarkan hasil penelitian ke sebuah daerah, maka target yang paling relevan dengan topik tersebut adalah para pemerhati bidang sosial budaya yang memiliki cakupan luas, mulai dari akademisi hingga masyarakat biasa pada taraf tertentu.

Tujuan dan target dari buku anda akan menentukan gaya penulisan dan penyampaian ide anda.

 

2. Persiapan materi

 

Jangan menulis ‘kosong’.

Buku bukanlah sekadar kumpulan kata-kata dalam ratusan lembar kertas. Salah satu tips membuat buku yang menentukan keberhasilan sebuah buku adalah pembuktian. Buku fiksi sekali pun butuh bukti atas judulnya.

Proof atau pembuktian atas judul yang anda tetapkan pada buku anda menjadi bentuk dari kualitas buku.

 

Isi buku anda merupakan pemenuhan janji anda terhadap judul.

Pembaca memilih membaca buku anda karena anda memberi mereka judul yang membuat mereka tertarik. Jangan sampai pembaca tidak menemukan apa pun yang sesuai dengan apa yang ingin mereka temukan.

Persiapan materi buku juga menyangkut rancangan penulisan, penelitian, studi pustaka, pendalaman materi. Anda sudah harus menentukan topik besar terhadap buku anda, memikirkan judul yang tepat, membuat sub-sub judulnya, menetapkan nilai, membuat argumentasi terhadap ide anda dan merangkumnya.

 

3. Menulis

 

Tips membuat buku yang menjadi paling penting adalah menulis. Setelah semua materi tersedia, maka anda bisa mulai baru bisa menulis sesuai struktur yang tepat.

Menulis itu mudah, tetapi menulis untuk anda jadikan buku adalah pekerjaan sulit.

Anda membutuhkan wawasan tentang gramatika, semantik, dan kaidah berbahasa. Gaya penulisan juga menentukan apakah maksud anda akan tersampaikan dengan baik.

Menulis fiksi berbeda dengan menulis non fiksi.

Sedikit anjuran untuk menulis dengan baik adalah mendisiplinkan diri anda ketika mulai menulis. Kedisiplinan menyangkut waktu, keteguhan hati, serta kesanggupan untuk memoles bahan-bahan mentah untuk anda matangkan.

Penulis itu seperti koki, dan pembaca adalah tamu. Jangan sajikan tulisan yang membuat orang mengerutkan dahi.

 

tips mencetak buku

 

4. Editing

 

Setelah penulisan naskah buku selesai, anda akan masuk ke tahap editing. Banyak sekali pekerjaan dalam mengedit naskah. Paling pertama tentu saja anda membaca ulang naskah anda dari awal. Anda harus menjadi pembaca pertama atas buku anda. 

Tujuannya untuk menemukan kesalahan-kesalahan baik teknis maupun penyampaian materi.

Setelahnya anda me-layout buku anda, penyuntingan layout lebih kepada penataan isi buku.

Setelah layout, anda akan sampai ke tahap desain.

Ini menyangkut nilai estetik terhadap buku. Anda harus membuat tampilan yang bagus untuk buku. mulai dari cover, penempatan gambar, warna, huruf, bentuk tulisan, hingga jenis kertas yang cocok dalam pencetakan nanti.

 

5. Terbitkan

 

Buku baru akan benar-benar menjadi buku jika sudah terbit.
Entah itu melalui penerbit atau menerbitkan secara mandiri, tulisan anda baru akan dirumuskan sebagai sebuah buku bila sudah hadir berupa satu bentuk yang utuh dari mulai judul hingga penutupnya.

Bila semua persiapan telah anda lalui, maka saatnya menerbitkan buku anda. Anda hanya perlu menyiapkan biaya menjadikan tulisan anda menjadi buku.

 

Baca juga : Cetak ebook biar murah – mending pake offset atau digital print?

 

B. Pencetakan Dan Penerbitan

 

Pencetakan buku adalah proses memindahkan tulisan ke dalam lembaran kertas dengan menggunakan mesin cetak. Penerbitan buku memiliki arti seluruh proses pembuatan buku mulai dari menulis hingga pembaca bisa membacanya.

Artinya di dalam penerbitan – pencetakan buku termasuk salah satu elemennya.

Baik penerbitan maupun pencetakan memuat pemaknaan membuat buku secara fisik. Kita bisa melihat atau memegang sebuah buku dari penulis hanya setelah buku tersebut telah selesai produksi.

Buku yang terpajang di toko buku adalah hasil terbitan, baik penerbit Indie maupun penerbit mayor.

Khususnya dalam mencetak buku, anda harus mengenal banyak hal.

Apalagi bila anda menerbitkan buku anda secara mandiri, yang mana proses pencetakan buku akan anda lakukan sendiri ke percetakan.

 

Baca juga : 3 alasan memilih percetakan buku terdekat untuk buku anda

 

Tips membuat buku sendiri melalui percetakan

Sebelumnya kami telah membahas tips cara mencetak buku di percetakan, hal yang paling penting bagi anda adalah menemukan percetakan yang sesuai.

Carilah jasa cetak buku yang bagus, yang memiliki harga yang terjangkau dan kualitas hasil cetakan yang baik. Di luar sana, ada banyak sekali percetakan yang akan menawari anda dengan biaya murah.

Tetapi menemukan yang berkualitas dan murah tidak banyak. Anda bisa menghubungi kami bila hendak membuat buku.

Kelima tips menulis buku tadi hanya sebagai pedoman dan bagian dari kerangka berpikir yang tidak serta-merta membuat Anda langsung bisa menulis.

Selalu kembali kepada pribadi anda
Temukan passion lalu hidupkan tekad. Sebuah buku yang bagus selalu lahir dari tangan penulis yang berdedikasi terhadap hasil tulisannya.

Semua tips membuat buku yang paling bagus sekalipun hanya akan sia-sia jika anda tidak memampukan diri anda untuk menulis.

Selalu ingat bahwa buku berkaitan dengan intelektualitas, sehingga ketika anda hendak menulis maka jangan menulis ala kadarnya.

Sementara itu, dalam hal penerbitan buku dan pencetakannya tergantung dari anda. Jika anda mencetak buku melalui penerbit, maka pelajari tips membuat buku lewat jalur itu.

Banyak penerbit bagus tetapi mahal. Banyak penerbit murah, tetapi belum tentu membuat buku anda menjadi lebih baik.

Tetapi jika anda mencetak sendiri buku anda, tantangannya juga besar. Tetapi dengan mempelajari cara mencetak buku sendiri ini, bisa jadi sebuah solusi untuk Anda.

Anda juga akan menemukan percetakan buku dengan membaca artikel cetak buku murah ini.

Notice: dilarang menjiplak & menyalin artikel
semua content [terdaftar & dilindungi DMCA google]
subur print

subur print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Open chat
Hallo, ada yang bisa kami bantu ?